Cara Mengembalikan Partisi Harddisk Yang Hilang di Windows 7/XP

Cara Mengembalikan Partisi Harddisk Yang Hilang di Windows 7/XP - Partisi anda hilang ? Sudah dicek di disk management tapi hanya Local disk (C:) yang ada. Pernah terpikir kalau partisinya terhidden tapi setelah melihat list volume pada diskpart ternyata juga tidak ada !! Lalu bagaimana dengan data-data yang tersimpan? Jangan panik dulu mari kita coba mengembalikan partisi yang hilang dengan TestDisk.

TestDisk
TestDisk adalah software Open Source dan berlisensi di bawah GNU General Public License (GPL). 
TestDisk adalah perangkat lunak pemulihan data yang sangat bagus dan gratis!Software ini dirancang untuk membantu memulihkan partisi yang hilang atau membuat non-boot disk bootable lagi ketika gejala-gejala ini disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak, beberapa jenis virus atau kesalahan manusia (seperti sengaja menghapus Tabel Partisi). Tabel partisi recovery menggunakan TestDisk sangat mudah digunakan, silahkan unduh disini http://adf.ly/Dxiry.

TestDisk dapat :
  • Memperbaiki tabel partisi, memulihkan dihapus partisi
  • Recover FAT32 boot sektor dari backup nya
  • Membangun kembali sektor boot FAT12/FAT16/FAT32
  • Memperbaiki tabel FAT
  • Membangun kembali NTFS boot sector
  • Recover NTFS boot sektor dari backup nya
  • Memperbaiki MFT menggunakan MFT mirror
  • Memindahkan Backup Superblok ext2/ext3/ext4
  • Undelete file dari FAT, NTFS dan ext2 filesystem
  • Menyalin file yang dihapus dan partisi FAT, NTFS dan ext2/ext3/ext4. 
Berikut ini tampilan yang sudah saya praktekkan :

Ketika program TestDisk dijalankan maka akan muncul seperti dibawah ini



Selanjutnya tekan enter pada opsi "Create" lalu akan muncul media atau hard disk yang ada pada computer setelah itu tekan enter pada "Proceed"




Pilih type tabel partisi anda jika anda menggunakan windows maka pilih "Intel"




Ada banyak pilihan yang dapat dipilih disini, pilih "Analyse" jika kita ingin menganalisa struktur partisi yang ada dan mencari partisi yang hilang. 




Pilih "Backup" untuk melanjutkan proses selanjutnya. Setelah itu kita dapat melakukan beberapa perintah pada list partisi-partisi yang muncul. "*" menandakan primary bootable anda [biasanya local disk (C:). Disini kita akan sedikit merasa tenang bahwa partisi yang terbaca tidak hanya C. Tekan tombol "p" untuk melihat isi partisi yang ada. Betapa bahagianya ketika melihat file-file partisi yang hilang kita masih utuh. tekan "q" untuk kembali. Tekan tombol panah kanan kiri dan pilih "L" atau "P" untuk mengubah status partisi, primary jika memilih"P" atau logical jika "L". Opsi "D" untuk menghapus partisi. Tapi sebaiknya kita biarkan seperti defaultnya saja. Untuk melanjutkan tekan enter.



Jika kita ingin mencari partisi lebih dalam lagi maka pilih "Deeper Search" tetapi pilih "Write" untuk langsung mengembalikan (write) struktur partisi ke disk. Setelah itu ada konfirmasi untuk membuat tabel partisi tekan "Y" untuk menconfrim. 




Proses pengembalian selesai dan sekarang restart terlebih dahulu system operasi anda. Setelah proses reboot selesai lihatlah partisi anda yang hilang muncul kembali. Selamat Mencoba :D

Terimakasih juga teman blogger lainnya : Kupuyuak

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

59 Responses to "Cara Mengembalikan Partisi Harddisk Yang Hilang di Windows 7/XP"

  1. thx brt gan,, berhasil bgt ane praktekin,,, ga sengaja ilang 2 biji partisi nya lepi ane. nuhun. vhitoru@facebook.com

    ReplyDelete
  2. thx gan, HD external ane udah kembali data2nya, akan tetapi knp skrg jadi ke kompi ane ya data2 jd kyk gtu juga, tapi anehnya partisinya tetap masih cm 1 yg jadi kelihatan padahal harusnya ada 2 dan itupun dat2 ane juga kosong gan, mohon pencerahan gan thx berat sebelumnya

    ReplyDelete
  3. setahui ane gan, kalo kita ingin mengembalikan data di perangkat external, d toolsnya itu ada pilihan jenis perangkat external bertype apa. kalau sudah sesuai tinggal ikutin aja cara berikutnya.

    kalau masalah kompi anda maksudnya kenapa ya??

    ReplyDelete
  4. Saya Rusdi, mengucapkan banyak terima kasih, karena satu minggu saya dibuat resa terus berusaha dan 2 hari full saya tidak tidur berusaha mengembalikan partisi hardisk eksternal oxio saya yang hilang, namun setelah ketemu turorial ini dan saya download programnya TestDisk dan mengikuti tahap demi tahap tutorial ini saya berhasil mengembalikan PARTISI HARDISK SAYA YANG HILANG.

    TERIMA KASIH BANYAAAAAAAK GAN .........................

    ReplyDelete
  5. mas. mohon pencerahannya.
    apakah cara ini berguna untuk hdd external ?
    hdd ext saya sudah plug in dgn kompi.
    tapi data tidak terbaca. dan disana diperintahkan untuk memformat hdd ext saya.

    saya bingung.
    mohon pencerahannya apa yg harus saya lakukan.
    terimakasih banyak mas.

    email saya:
    roman.sonig@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ama kejadian saya. Saya juga mau dong pencerahannya. Jika tdk merepotkanm Email saya achors_a77@yahoo.com. Thanks berat mas bro

      Delete
  6. abis make program nya kan restart tuh gan....tru pas booting nya lama nggak? kok ane lama ya?

    ReplyDelete
  7. Subhanallah... Alhamdulillah gan... partisi :E dan :D ane udh kembali yang tadinya "tersesat" entah kemana... memang Ilmu sangat baik bila di terapkan dan di berikan kepada yang membutuhkan termasuk seperti saya ini... sempat ane pusing 7 keliling... thanks gan atas sharing ilmu ini kepada kami semua...

    ReplyDelete
  8. Terimakasih teman-teman semua yang telah memberikan komentar dan reson yang positif bagi penulis khususnya pada postingan ini, alhamdulillah postingan ini sangat berguna sekali buat teman-teman yg mempunyai masalah pada hdd komputernya. Sekali lg terimakasih yaaaa ats komentarnya... :D

    ReplyDelete
  9. gan mau nyoba nih
    tadi ane upgrade windows ane ke windows 8 pro, terus sesudah upgrade berjalan lancar eh pas restart ada pilihan choose os kaya dual boot gitu gan, antara vista and win8, ane pilih win 8 nah rencana ane hapus or format daleman partisi tempat bertenggernya system2 vista,, eh pas restart malah kacau balau gg ada partisi2 sama sekali di bios, cuma kebaca yg c doang yg lainnya ngumpul jadi satu tulisan nya extended / unallocation gan.. haduh pusing serasa kiamat dah soalnya itu data2 penting banget bagi ane gan... astaghfirullah meski extra lembur nih malam ini... help gan bisa dibalikin gak yah ?
    total hard disk nya 640GB :'(
    mohon pencerahan nya gan ke email juga bisa
    email = teguh@mteguhfh.com
    tq gan di tunggu nih,, BIG HOPE banget

    ReplyDelete
  10. kan klo kasus ane kan ane pake 2 harddisk 2-2nya ada di device manager tapi di my komputer ga da partisi hardisk satu lagi

    ReplyDelete
  11. Makasih Banget Ilmunya sob, ane uda dicoba and berhasi.

    ReplyDelete
  12. mas bro,. Drive :D saya jg ilang, trus pake tutorial ini, tp ga pake deep search. Ampe selesai,.
    Tp hbs restart pas booting muncul
    A disk read error occurred
    Press Ctrl+Alt+Del to retasrt
    _

    gtu aja terus2an kaya gtu mas bro,.
    Mohon pencerahanx,. Lewat email jg bsa masbro( asepsaputra@hotmail.com

    ReplyDelete
  13. makasih gan buat tutorial nya, membantu banget buat ane...
    ijin share gan :)

    ReplyDelete
  14. tp itu bisa mengembalikan data juga kan? maksudnya kasus saya setelah instal kompi tiba2 partisi D hilang, dan ada data2nya. datanya bakal muncul lagi gak setelah pake itu?

    ReplyDelete
  15. mau tanya bos
    pc sy terhapus drive d nya.dan di d unlocated.sy dah pakai testdisk ini.tp blm bisa jg.setelah proses backup keluar tulisan Check_FAT : can’t read FAT boot sector
    Infalid FAT boot Sector klo tetap sy write dan restart kompi drive d tetap gak mmuncul dan unlocated.mohon masukanya.thx's buat bos januardi Allah yg balas kebaikan dan berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
  16. punya gua ga bsa bisa gan, long dbantu

    ReplyDelete
  17. gan.. ane udah ikutin petunjuk sesuai postingan diatas, tapi saat ane pilih 'write' ga ada respon & ada tulisan 'partition error'. gimana ne gan?? mohon pencerahannya gan.

    email ane : roy_fain91@yahoo.co.id

    tengkyu gan..

    ReplyDelete
  18. Mas bro, HDD ext saya awalnya ada dua partisi (60Gb dan 100Gb), karena kesalahan buat bootable jadi ilang partisinya, dan cuma kebaca 5Gb (aslinya 160) Ngikutin cara ini berhasil, tapi yang 60Gb ga nongol,cuma kebaca yang 100Gb, kenapa ya...? thx penjelasanya.

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat...kasih bintang 5 untuk informasi ini...terima kasih banyak saya sangat terbantu..dan sudah terbukti...salam gan

    ReplyDelete
  20. agan,,,terima kasih banyak,,,,bermanfaat banget,,,data'' pentingku semua terselamatkan,,, terima kasih sekali lagi,,, Allah yg akan membalas jasa agan,,,

    ReplyDelete
  21. kok punya Saya pas di restart, muncul
    BootMgr is missing
    Press Alt+Ctrl+Del for Restart
    terus aja gitu
    kenapa ya??

    ReplyDelete
  22. makasih banyak bang,. meski partisi saya tidak bisa di write kmbali, tapi saya masih bisa selamatkan data data nya.. Informasi nya sangat bermanfaat.. maju terus bang januardi.. :)

    ReplyDelete
  23. bos saya mau nyoba munculin partisi say....
    download softwarenya dimana ya...
    thanks:)

    ReplyDelete
  24. terimakasih y ats komentar dari teman-teman semua !!
    bagi yg ingin mendownload softwarenya silahkan klik teks yg bertuliskan disini.

    ReplyDelete
  25. makasih bnyk seblumnya gan berguna banget ni petunjuk, tapi knpa pas write ane pilih y partition error ya gan? mohon pencerahannya gan email kucayaja@ymail.com boleh.

    ReplyDelete
  26. broo... aku abis instal windows 7 lagi ke laptop cz sblumnya udh install windows 8 gagal.. laptop ku jadi error...
    habis instal win7 lagi.. local disk E hilang... dan kalo aku nyolokin usb hape ke laptop gak kebaca.... minta pencerahannx..

    email : ravi.asmara@gmail.com

    ReplyDelete
  27. External HD sy jd terformat wkt sy bikin instalan w7 di usb pake Diskpart ... sudah sy coba recovery iCare, pake Easus ... stlh di restorasi file typenya masih raw plus struktur foldernyapun berantakan ... stlh sy baca postingan ini sy coba download sy jalankan di w7 tp ga berhasil ketemu partisinya, trus sy coba pake testdisk dari Hiren's 15 bisa ketemu partisi (Baru partisinya) setelah mencoba mengikuti langkah2 diatas belon juga berhasil mengembalikan data ext HD tsb . . . mohon pencerahannya (saya coba buka list foldernya pun belon keluar aja) ... please ! ..

    ReplyDelete
  28. bang sya dah coba setelah pilih write trus tkn y > enter trus gak ada prosesnya apa2 ya bang langsung restart
    nah tetep g nongol tuh bang...
    ni skrng baru coba yg depeer search
    mudah2 berhasil

    ReplyDelete
  29. Terima kasih om, Hampir saja kehilangan semua File,
    Hampir frustasi mau di ikhlasin aja,
    ternyata bisa dikembalikan
    sekali lagi terima kasih

    ReplyDelete
  30. saya berhasil tanpa cacat ketika mengembalikan partisi yang dibuat menggunakan xp, akan tetapi partisi yang dibuat vista tidak dapat me write, ada solusi lainkah?

    ReplyDelete
  31. bang ane...banyak terima banyak terima kasih udh bagi ilmu ya...hdd extnl ane yang udh lama gak bisa dibuka akhiry bis dipke lagi..thanks banget gan...

    ReplyDelete
  32. masbro..harddisk ku isinya 320g,tapi yang ke detect 160g
    bagaimana cara mengembalikan isinya kembali ke 320g..harddisk ku merek western digital
    mohon petunjuknya masbro.

    ReplyDelete
  33. Bg, proses sudah persis seperti diatas,
    tapi ketika selesai restart malah gak bisa masuk ke windowsnya, muncul koment :
    "A disk read error occured
    Press Ctrl+Alt+Del to restart "

    direstart begitu terus, piye Bg?
    Mohon pencerahannya,
    trims.

    ReplyDelete
  34. WORKING!!! data yg ngumpet nongol lg... makasih bnyk bwt share n tutorialnya.

    ReplyDelete
  35. Informasi yg bagus. Kalo saya sering menggunakan aplikasi Find and Mount untuk mengembalikan partisi yg terhapus. File-2nya bisa langsung di mount menjadi drive tertentu, jd bisa kelihatan langsung. Sekedar share. BTW, maju terus kang!

    ReplyDelete
  36. mkasih gan atas sharenya sangat bermanfaat,,, dataku dah bisa balik smua.

    ReplyDelete
  37. Terima kasih banyak, sangat membantu.. data saya pulih kembali... terima kasih

    ReplyDelete
  38. Terima kasih banyak, sangat membantu.. data saya pulih kembali

    ReplyDelete
  39. Thank you brooo....aplikasinya sangat berguna


    ReplyDelete
  40. Thnx bangeett gan.... berhasill....!!!!! :D

    ReplyDelete
  41. sukses.. :D
    tidak bersyukur kpd Allah orang yg tidak bersyukur/berterimakasih kpd manusia. thanks bgt dah bagi2 ilmu gan. *senangnya :D

    ReplyDelete
  42. terimakasih gan ... berhasil partisi yang hilang sekarang udah kembali.. tapi partisi yang tadi nya ada sekarang kok jadi hilang yak???..
    pi gapapa lah . gan .. thank share ny.. sngat brmnfaat..

    ReplyDelete
  43. thanks berat bro 10000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000% berhasil,..trims ats infox

    ReplyDelete
  44. thanks berat bro 100000000000000000000000000000000000% berhasil, bro bener2 jempol dah

    ReplyDelete
  45. gan thank gan sharenya bener2 berguna banget ne buat ane

    ReplyDelete
  46. Maneh Edan!! jago siaah!! nuhun!

    ReplyDelete
  47. thanks...sam ~ Januardi Rahman~
    sukses mas browww....!

    ReplyDelete
  48. alhamdulilah makasih gan caranya sekarang data saya kembali lagi

    ReplyDelete
  49. makasih banyak loh ini, ane nyari solusi dari siang baru ketemu cara yang ampuh dari blog ini.

    ReplyDelete
  50. gan mohon pencerahannya, setelah saya ikuti cara agan di atas, terjadi masalah lagi, laptop sya muncul BOOTMGR is missing, mohon pencerahannya, ap mgkin sya yg salah gk lengkap ngikuti alurnya yang jelas stelah sya restart muncul itu, mau sya instal ulang juga gk bisa soalnya masuk botingnya juga gkbisa, sya pake W7. mohon bantuannya dari master2 sekalian, terimakasihhhhhhh

    ReplyDelete
  51. bos punya saya kluar tulisan Check_FAT : can’t read FAT boot sector
    Infalid FAT boot Sector ,itu gimana klanjutannya tolong bantu

    ReplyDelete
  52. Gan ane udah coba tapi blm berhasil. Setelah ane enter proceed ga ada pilihan type tabel atau analyse. Udah gitu ga ada pilihan back up juga. Gimana ini gan ?
    Bisa tolong di email ga gan ke vericci.ladioza@gmail.com sebelumnya terima kasih banyak gan

    ReplyDelete
  53. Wah patut di coba nich, semoga bisa mengatasi kesalahan perintah CLEAN ALL pada sast DISKPART

    ReplyDelete
  54. Thanks a lot, udah nyoba pake cara ini, manjur :)

    ReplyDelete
  55. gan tolong donk.. saya sudah mengikuti cara diatas, partisi yang ilang udah kembali tapi drive D dan E saya hilang, data-datanya jg hilang semua... mau balikin data-datanya lagi gmana?

    ReplyDelete